Jangan Lewatkan Wisata Religi Di Malang

Selain wisata alamnya, Malang juga memiliki beragam tempat wisata religi yang bisa menjadi salah satu tujuan wisatamu. Memiliki segudang certa, mistis, dan keunikan, membuat tempat-tempat ini mampu menarik animo wisatawan, terutama yang datang dari luar kota. Berikut ini beberapa objek wisata religi di Malang yang bisa kamu kunjungi.

Gunung Kawi

Tidak salah rasanya kalau menyebut tempat ini sebagai salah satu spot wisata legendaris di Malang, jika kita berbicara cerita mistis atau mitosnya. Gunung Kawi sebenarnya adalah sebuah gunung berapi yang berada di Kabupaten Malang. Walaupun gunung berapi, anehnya belum ada catatang sejarah tentang letusan gunung ini. Bahkan, gunung ini lebih terkenal sebagai tempat berziarah. Namun, karena letaknya yang berada di pegunungan, tentu saja udara di sini terasa sejuk. Selain itu, terdapat juga sebuah klenteng yang biasa dijadikan tempat berdoa bagi umat Khong Hu Chu.

Masjid Tiban

Tempat ini sempat ramai diperbincangkan dalam beberapa tahun terakhir. Masjid ini menjadi populer karena desainnya yang unik dan adanya cerita misteri di balik keberadaanya. Katanya, masjid satu ini tiba-tiba saja berdiri di tengah perkampungan penduduk, sehingga banyak yang menyebut masjid tersebut dibangun oleh jin.

Sebenarnya, masjid ini dibangun oleh salah satu pondok pesantren, bangunannya sendiri terlihat sangat unik dan megah. Arsitekturnya yang bergaya Timur Tengah dengan tujuh lantai serta setiap temboknya yang berhiaskan kaligrafi membuat masjid satu ini terlihat mewah. Di dalam pondok ini juga dilengkapi dnegan kolam renang, dan perahu yang hanya bisa dinaiki oleh wisatawan anak-anak. Bukan hanya itu, di sini juga terdapat beberapa jenis binatang, akuarium, perpustakaan, dan pasar wisata.

Klenteng Eng An Kiong

Tempat satu ini berada berdampingan dengan Pasar Besar Malang yang termasuk ke dalam kawasan Kota Lama. Klenteng ini dibangun pada tahun 1825 yang hingga saat ini dijadikan tempat ibadah, dan juga salah salah satu destinasi wisata religi di Malang. Klenteng yang telah berusia ratusan tahun ini tentu menyimpan banyak cerita sejarah di dalamnya. Selain itu, tempat ini juga menjadi pusat kebudayaan Tionghoa di malang. Beberapa perayaan dan pertunjukkan seni juga kerap di gelar di tempat ini.

Pura Amerta Jati

Pura ini berada di kawasan Pantai Balekambang yang bisa kamu tempuh selama dua jam perjalanan dari pusat Kota Malang. Pantai yang menjadi salah satu destinasi utama di Malang ini juga terkenal dengan pemandangan lautnya yang menawan. Di salah satu pulau karang yang bernama Pulau Ismoyo inilah berdiri sebuah bangunan pura yang menjadi tempat ibadah umat Hindu. Sebuah jembatan menjadi penghubung antara Pulau Ismoyo dan pantai. Hingga saat ini pun pura tersebut masih digunakan sebagai tempat ibadah dan tempat untuk upacara adat.

Leave a Reply