Apasih manfaat yan didapat dalam wisata rafting di malang

Raftin adalah kegiatan olah raga yang dilakukan di aliran sungai dan membutuhkan arus yang lumayan besar agar perahu karet dapat melintasi air dengan mudah. Rafting juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh anda dan salah satunya adalah untuk menumbuhkan jiwa leader ship kalian.

Berikut beberapa manfaat outbound yang bagus untuk kalian

  1. Menjaga system kardiovaskuler

Olah raga rafting ternyata juga memilki efek kardio. Arung jeram termasuk aktifitas berat yang membutuhkan daya tahan dan stamina yang setara dengan latihan kardio. Olah raga kardio sendiri diketahui sangat baik baigi kesehatan kardiovaskuler.

  • Meningkatkan kekuatan otot

Rafting adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan menantang. Gerakan mendayung dan koordinasi yang anda lakukan saat rafting dapat melatih otot punggung, lengan, bahu dan dada. Tantangan arus yang deras dan kecepatan juga melatih dan meningkatkan kekuatan otot.

  • Memacu adrenalin

Saat melakukan rafting anda akan merasakan sensasi bersemangat, senang dan kalian akan merasa takut. Saat saat inilah tubuh akan memproduksi hormone adrenalin. Hormon adrenalin dapat meningkatkan detak jantung, tekanan darah dan laju pernafasan. Kondisi ini dapat mempertajam indra dan memberi dorongan energy.

  • Menghilangkan stress

Alam terbuka, aliran sungai, pemandangan alam, hangatnya sinar matahari dan udara segar dapat membuat kalian dapat merasakan releks sejenak dari aktifitas sehari hari yang membuat kalian merasa jenuh dan bosan. Hal ini dapat membantu kalian untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan.

  • Mengingkatakan rasa percaya diri

Rafting bukanlah olah raga yang mudah untuk dilakukan. Menjajal arung jeram akan membawa rasa kepuasan tersendiri karena telah mencoba dan berhasil mengarungi derasnya sungai.

  • Meningkatkan hubunan social

Rafting adalah jenis olah raga berkelompok. Olahraga ini juga sangat membutuhkan kerjasama team yang sangat kompak.

Sebaiknya sebelum kalian melakukan kegiatan rafting kalian harus pemanasan dulu agar terhindar dari cedera dan hal hal yang tidak kalian inginkan.

  1. Perahu karet dan tali

Perahu karet terbuat dari karet sintesis khusus sehingga kuat dan tetap elastis. Pastikan saat sebelum perahu di turunkan, angina sudah terisi penuh dan tidak bocor.

Perahu karet biasanya dilengkapi dengan tali sepanjang 40 meter yang berfungsi untuk tumpuan kaki, pengaman awak perahu dan tali jangkar.

  • Dayung

Dayung digunakan sebagai alat kayuh para awak perahu saat mengatungi sungai. Dayung biasanya terbuat dari bahan yang kuat tetapi tetap ringan sehingga ringan dan nyaman saat di pakai.

  • Pompa dan peralatan resparasi

Alat ini adalah salah satu alat yang wajib dibawa sebagai bentuk antisipasi terhadap kerusakan alat rafting seperti perahu sobek, kemps dan lain lain. Dengan begitu kalian akan melaksanakan kegiatan arung jeram atau rafting ini dengan lancar dan menyenangkan.

  • Perlengkapan P3K

P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan juga menjadi perlengkapan yang wajib dibawa saat rafting. Fungsinya sama dengan pompa dan resparasi P3K merupakan bentuk antisipasi terhadap cedera.

Leave a Reply